Home » » Fungsi Indra Manusia

Fungsi Indra Manusia

Written By Unknown on Rabu, 31 Januari 2018 | 11.21

Fungsi Indra Utama

Memang benar awal mula manusia itu tidak tau, seiring berjalannya waktu, pengalaman manusia memiliki pengetahuan yang luas dan akhirnya menjadi orang yang pintar. Pertama manusia lahir yang berfungsi adalah pendengarannya, kemudian penglihatannya, dan pemikirannya.

Pendengaran, janin yang masih dalam kandungan memiliki kepekaan dengan situasi di luar, maka berilah rangsangan yang baik terhadapnya, sebab memori janin yang masih dalam kandungan belum di kotori bagaikan seccaris kerttas putih yang belum tergores ole tinta, maka dari itu alangka bainya mengucapkan kata-kata yang baik dan santun. Sala satunya dengan sering dibacakan al-Quran dan kalimat toyibah lainnya.

Kemudian penglihatnnya, setelah bayi lahir, ia masih belum awas dalam melihat keadaan sekitarnya. Pendegaranlah indra yang pertama yang berfungsi, maka dalam islam anak yang baru lahir di sunahkan untuk di azankan. Agar kalimat yang pertama didengar pertama kali di muka bumi ini adalah kalmiat yang mulia attau toyyib, yaitu kalimat yang baik, yaitu kesaksian akan ke-Esa-an Allah dan kesaksian atas Nabi Muhammad SAW, sebagai utusannya. Dengan ini harapannya dalam mengarungi hidup anak selalu ingat akan keberadaan Allah.

Itulah salah satu tujuan kenapa diazankan. Manusia adalah makluk yang selalu ingin tau, maka lebih baik diberi tau dulu kepada kebaikan dengan begitu secara tidak langsung ia ada ketertarikan dengan hal-hal yang baik.

Manusia ibarat kertas yang putih bersih. Dia akan teteap bersih tidak kotor jika dibungkus rapi dengan plastik. Namun lain dengan manusia, manusia adalah makhluk hidup yang terus bergerak dari satu titik ketik lain, dari waktu ke waktu selanjjutnya. Jadi mustahil ia akan terus bersih tanpa noda.

Itulah manusia, tempatnya salah. Namun kesalahan itu jangan di teruskan atau dijadikan budaya kesearian. Sebah jika sudah menjadi budaya ia akan susah untuk ditinggalkan tetapi kesalahan masa lalu diadikan pelajaran dan di sesali serta berjanji untuk tidak mengulanginya lagi, dan langkah selanjutnya adalah direnungkan demi perbaikan dimasa mendatang.

Kertas putih juga lama kelamaan akan hancur sebab ia tidak abadi. Itu juga terjadi pada manusia. So, jaga diri demi perbaikan agar tetap selalu bersih dan rapi dengan selalu di cuci jika ada noda yang nempel. Sedik demi sedikit jika ada noda langsung di cuci, jangan di biarkan nanti akan tertumpuk. Jika tertumpuk maka susah untuk membersihkannya, maka harus berusaha untuk selalu istiqamah dalam kebaikan. Yang jelas jangan sampai menyalai aturan alam terlebih menyalahi aturan agama.

Agama adalah pegangan hidup, orang tanpa agama akan terombang ambing terbawa arus dan mudah terpengaruh. Dengan berpegang teguh pada agama maka ia memiliki tujuan yang jelas. Sebab Jin dan manusia diciptakan di Bumi ini hanyalah untuk menyembah kepada Allah.

Jadi agama bukan sebagai penghalang dalam segalahal, tetapi sebagai pagar agar kita tau batasan yang harus kita kerjakan. Dengan agama orang akan terarah. Tanpa agama orang akan binggung menentukan tujuan hidupnya. Tujuan manusia hidup adalah mencari kebaikan di dunia dan kebaikan di akirat. Semoga kita menjadi hamba yang selalu intopesi diri demi perbaikan kedepannya dan selalu dalam ketaatan hingga akhir hayat kelak dan termasuk umat Muhammad. Amin.

By.30-01-19_Muh_Maskur89@

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar