Home » » Makna Ilmu

Makna Ilmu

Written By Unknown on Kamis, 01 Februari 2018 | 10.23

Makna Ilmu

Pendidikan memang sangat penting bagi kesejahteraan masyarakat. Jika ingin menjadi orang penting maka harus berpendidikan dan berilmu yang mempuni serta luas.

Ilmu itu didapat bukan hanya di bangku sekolah formal saja, namun ia bisa didapat dimana saja dan dari siapa saja.

Kesengsaraan yang diterima oleh setiap manusia, dalam agama Hindu di dasarkan pada ketidak tahuannya terhadap sesuatu. Itulah inti kesengsaraan sebab ketidak tahuannya akan sesuatu.

Ketidak tahuan itulah yang menyebabkan penderitaan dan kegelisahan dalam menghadapi hidup.

Ilmu merupakan salah satu cara untuk mengindari penderitaan akibat dari ketidak tahuannya terhadap sesuatu. Dengan ilmu tentu kita akan meminimalisir kesalahan yang akan ditimbulkan.

Memang manusia tempat salah dan khilaf dan tidak ada yang lengkap serta sempurna. Karena kekurangannya itulah sebisa mungkin kita untuk mencari dan menuntut ilmu agar hidup tertuntun dan tidak compang camping.

Compang camping baik dalam berpakaian, berjalan, berfikir, berkata, bertindak dan hal-hal lainnya. Ilmu ada dua jenis yaitu ilmu agama dan ilmu umum.

Kedua kategori ilmu itu harus kita cari dan dalami serta dikuasai untuk mengarungi kehidupan yang cukup rumit ini. Tanpa ilmu hidup apa mau dikata?

Ilmulah yang menuntun kita kearah mana yang akan kita tuju.

Ilmu dunia atau ilmu umum adalah sebagai sara dalam mengarungi kehidupan di Dunia. Ilmu dunia sangat banyak cabangnya, semuanya merupakan sarana dalam mendekatkan diri kita kepada Sang Maha Esa.

Compang camping? Dengar kata compang camping, yang ada dipikiran kita akan tergambar seorang pengemis di pingir jalan. Dari segi pakaian sudah tentu lusuh, bau, robek-robek dan tidak beraturan bahkan untuk tempat tidurpun tidak jelas.

Manusia? Kalo manusia hidup compang camping wah bakalan berabe, manusia yang compang camping hanya akan menyengsarakan dirinya sendiri, sebab manusia bisa memilih untuk kehidupannya bagaimana.

Maka dari itu pilihlah hidup pebuh dengan makan dengan cara memiliki ilmu yang cukup agar mudah dalam mengarugi bahtera kehidupan ini.

By.Muh_Maskur89

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar