Home » » LANGKAH DALAM MENCAPAI HIDUP

LANGKAH DALAM MENCAPAI HIDUP

Written By Unknown on Jumat, 14 Maret 2014 | 03.18


LANGKAH DALAM MENCAPAI HIDUP
 
TAHAJUD

Tahajud adalah sholat malam, dimana akan membuat hati tenag, tentram, dan sejuk. Alangkah nikmatnya tahajud apa bila bisa dilaksanakan setiap malam. Tahajud merupakan ibadah tambahan yang sangat di ajnurkan oleh Allah swt, dimana ibadah ini sering di lakukan oleh Rasulullah bahkan kaki beliau bengkak, selain itu di balik ibadah malan ini do’a apasaja yang diminta pasti akan di kabulkan, entak sekarang atau setelah hari kemudian. Oleh karena itu, mintalah apa saja kerena di waktu itu kebanyakan orang masih tidur.

SHALAT BERJAMA’AH

            Shalat berjama’ah merupakan ibadah yang lebih utama daripada shalat sendirian, dimana derajatnya 27 derajat berbanding 1,  dan lebih utama di laksanakan di Masjid. Segala sesuatu di awali dari hal-hal yang kecil kemduian menjadi besan, maka mustahil tanpa ada pengorbanan dan kerja keras. Orang yang selalu shalat berjama’ah di masjid dia akan selalu mendapat perlindungan dari Allah setiap saat. Bahkan dia akan mendapatkan rizki yang tak di sangka-sangka dengan menyisihkan sebagian harta yang di miliki.

JASA ORANG TUA

            Orang tua adalah orang yang pertama kali memerikan pengetahuan kepada kita, dan segala sesuatu berawal dari orang tua, sehingga kita dalam keadaan seperti saat ini itu semua karena berkat dan jasa kedua orang tua. Dengan adanya orang tua maka adalah kita. Maka dari itu, sepertinya dan tidak seharusnya kita tidak berlaku baik apa lagi semenan-mena terhadap mereka apa lagi kita memeutus hubungan tanpa ada sebab.

            Selaku anak hasil dari kedua orang tua, maka kita harus berbakti dan harus terus berhubungan baik kepada meraka, dimana ridha Allah terletah pada ridha kedua orang tua kita. Maka sering-seringlah minta do’a dan petuah dari mereka agar hidup kita ini menjadi lebih bermakna dan lebih baik dari hari kemaren. Karena do’a orang tua sangat makbul dan pasti terjadi tinggal tunggu waktu saja, entah sekarang atau nanti.
Maka dari itu muliakan dan buatlah mereka bahagia dan bangga dengan adanya kita.

ANTARA DUA PILIHAN

Sekolah atau kuliah merupakan impian kebanyakan orang, namun kesempatan itu tidak datang begitu saja tanpa ada pengorbanan dan kerja keras. Hal ini karena biaya pendidikan pada waktu itu dan saat ini sangat mahal sehingga tidak semuanya bisa menikmatinya. Karena sebagian besar masyarakat di Indonesia merupakan orang yang di golongkan sebagai masyarakat kurang mampu atau miskin.

Demikian halnya dengan saya, saya merupakan salah satu anak negeri yang kebetulan di lahirkan di kalangan kurang mampu, sehingga sangat mustahil bagi saya untuk sekolah apalagi kuliah. Dan memang benar menuntut ilmu itu harus memerlukan biaya, tapi itu merupakan salah satunya saja, kerana da salah satu ungkapan sahabat Rasulullah, yaitu Ali bin Abi thalib mengatakan bahwa “tidak akan tercapai orang menuntut ilmu kecuali dengan 6 perkara, yaitu: cerdas, tamak kepada ilmu, sabar, ada pembimbing (guru), ada biaya, dan waktu yang lama.

Jadi saya bisa menegaskan bahwa, pendidikan itu bisa diperoleh oles siapapun juga tanpa terkecuali. Karena sekolah dan pendidikan dapat diperoleh apabila kita memiliki kemauan dan kemampuan. Dengan demikian apa saja yang kita ingginkan dapat kita peroleh dengan mudah, sebab segala yang kita ushakan pasti ada hasilnya dan pasti kita akan menikmatinya, karena setiap yang menanan mangga pasti dia akan memanen apael dan mustahil dia akan memanen yang lain, apa lagi orang yang tidak menanam apapun.

Banyak hal yang bisa kita peroleh selama kita mau berusaha dan bekerja keras, termasuk pendidikan, salah satu caranya adalah ikut dengan orang lain, dan mencari beasiswa baik dari pemerintah maupun swasta, sebagai mana yang di lakukan oleh kedua kakak ku, yang satu dari dia mendapat beasiswa full dari swata, dan yang satu saat ini masih menyelesaikan tugas akhirnya. Keduanya adalah di fakultas yang sama yaitu di Pertanian.

Dan kira-kira saya juga bisalah di katakan lumayan beruntung, karena akau juga mendapat beasiswa S1 di IAIN Antasari di fakultas Ushuluddin jurusan perbandingan Agama, yang di biayai oleh pemerintah dalam program BIDIK MISI 2010.

BERKAH ILMU DALAM HIDUP INI

           Kita bisa bercermin kepada padi, dimana ia makin berisi dan kining ia makin merunduk, arinya semakin banyak ilmu yang kita miliki kita harus semakin merendah, tapi jangan melihat ilalang dimana ia semakin tua semakin berdiri dan malah berterbangan bunganya. Tapi seharunya kita semakin banyak ilmu maka semakin baik dan tidak mudah meremehkjanoranglain apalagi mengangap orang lain rendah. Ilmu bisa di dapat di mana saja dan kapan saja seperti banyak membaca buku, ikut seminar, ikut pengajian dan lain-lain.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar